Tips Memilih Payroll Software Indonesia yang Cocok untuk Perusahaan Serta Rekomendasinya

Bagi perusahaan besar atau korporasi, menggunakan software dan aplikasi HR untuk mengelola karyawan adalah hal yang tepat untuk dilakukan demi menghindari kesalahan apalagi terkait dengan payroll atau penggajian.

Namun kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda, mungkin saja tidak cocok dengan layanan yang diberikan oleh payroll software Indonesia tertentu. Agar tidak salah memilih payroll software Indonesia perusahaan, perhatikan cara berikut ini:

1. Perhatikan Kebutuhan Perusahaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, baik perusahaan besar maupun kecil, akan mencapai tujuan dan mendapat keuntungan jika mereka terlebih dulu mengevaluasi kebutuhan perusahaan dan mengumpulkan informasi sebelum melihat berbagai payroll software Indonesia.

Anggaran yang dialokasikan untuk membeli dan mengelola payroll software Indonesia merupakan hal yang harus dipertimbangkan ketika menyeleksi beberapa aplikasi.

Selain itu, bandingkan fitur dan kemudahan masing-masing payroll software yang ada, karena akan berdampak langsung kepada perusahaan. Misalnya saja seperti pengarsipan pajak, inetgrasi SDM, keterangan detail setiap karyawan dan sebagainya.

2. Kemudahan Saat Digunakan

Perusahaan besar biasanya sudah memiliki sistem penggajian sendiri yang sudah diterapkan sejak lama. Namun ketika perusahaan semakin berkembang, maka menggunakan payroll software Indonesia perlu kembali disesuaikan untuk menunjang sistem yang sudah ada agar semakin efisien.

Payroll software yang kurang efisien (yang sudah digunakan sebelumnya) juga merupakan alasan lain mengapa perusahaan harus mencari payroll software Indonesia karyawan yang baru.

Ketika memilih payroll software Indonesia yang tepat, Manajer harus melihat pada kemudahan penggunaannya dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Apakah data perusahaan di sistem yang ada bisa dipindahkan secara langsung atau manual
  • Apakah vendor menawarkan layanan jasa konsultasi atau tidak
  • Berapa teknisi yang diperlukan dan biaya yang akan dikeluarkan untuk sistem yang baru
  • Apakah sistem dari aplikasi yang baru bisa kompatibel dengan sistem yang lama atau tidak

3. Ketersediaan Support Service

Kualitas dan ketersediaan support service dapat mempengaruhi efisiensi dan keberhasilan penerapan payroll software Indonesia. Aplikasi yang menyediakan layanan dan dukungan selama 24 jam sangat membantu user dan klien yang mungkin saja mengalami kesulitan dalam penggunannnya.

Perusahaan penyedia aplikasi yang memiliki banyak kantor cabang di setiap kota juga akan menguntungkan perusahaan, karena Anda tak harus pergi jauh untuk pergi ke kantor pusat mereka jika membutuhkan sesuatu. Kondisi ini juga akan memperkuat hubungan personal antar perusahaan yang bisa menguntungkan di masa depan.

4. Referensi dan Track Record

Karyawan adalah aset terbesar perusahaan sehingga upah adalah hal yang penting dan sangat berdampak besar bagi mereka. Perusahaan tidak boleh asal untuk memilih payroll software Indonesia melainkan memilih penyedia aplikasi yang memiliki jejak rekam baik.

Gali informasi dan referensi dari banyak orang atau bahkan perusahaan lain yang menggunakan payroll software Indonesia tersebut. Lihat penilaian masing-masing penyedia aplikasi yang akan Anda pilih dan tentukan payroll software Indonesia mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi Payroll Software Indonesia untuk Perusahaan

Tidak sedikit perusahaan yang menganggap payroll karyawan sebagai hal yang kurang penting diperhatikan.

Tidak mengherankan apabila saat ini masih banyak perusahaan yang memanfaatkan cara manual untuk mencatat payroll karyawan. Hal yang sama juga berlaku saat mengajukan cuti. Padahal, cara manual mempunyai risiko error yang cukup besar.

Sudah saatnya Anda menggunakan payroll software Indonesia untuk memberi efek baik terhadap level produksi dan profitabilitas perusahaan.

Mekari adalah payroll software Indonesia gratis yang bisa Anda pertimbangkan. Mekari Talenta merupakan payroll software Indonesia berbasis cloud, yang memungkinkan Anda untuk mengelola administrasi SDM secara lebih efisien dan efektif. Dengan Mekari Talenta, pengaturan administrasi HRD seperti penggajian, cuti, dan lembur bisa dilakukan lebih mudah fleksibel.

Mekari Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, payroll, dan performance appraisal.

Selain itu, Mekari Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Mekari Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Mekari Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

payrollKeunggulan dari Mekari Talenta ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Mekari Talenta ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur payroll mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan payroll dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada payroll karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Mekari Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Mekari.com. Tunggu apa lagi? Coba Mekari Talenta sekarang juga.

Kesimpulan

Setelah mengetahui 4 hal di atas, sekarang Anda tahu bahwa payroll software Indonesia terbaik untuk perusahaan Anda adalah yang mudah digunakan, memiliki support service dan track record yang baik.

Jangan sampai setelah Anda melakukan kontrak selama satu tahun, dengan biaya yang besar. Ternyata baru beberapa bulan saja, Anda sudah kecewa dengan kualitas aplikasi dan after sales service yang buruk.

Anda wajib mempertimbangkan Mekari Talenta. Payroll software Indonesia berbasis web ini selain dapat menghitung gaji, claim pengobatan, bonus, THR, BPJS dan PPh 21 yang selalu mengikuti peraturan pemerintah, Mekari Talenta juga memiliki fitur bermanfaat lain seperti pengajuan absen, lembur dan slip gaji online.

Anda bisa mencoba terlebih dahulu selama satu bulan untuk menilai kualitas aplikasi Mekari Talenta atau Mengundang untuk demo.

Selain itu pembelian aplikasi Mekari Talenta juga tidak ada minimal kontrak sehingga lebih meringankan biaya Anda di awal pemakaian.