Keuntungan apa yang ditawarkan teknologi imersif untuk berbagai industri?

immersive-tech

Selama beberapa tahun terakhir, teknologi imersif telah menjadi sorotan di banyak sektor. Akibatnya, banyak bisnis telah mendiskusikan potensi dan pengembangannya ke depan. Mereka selalu mencari cara untuk merampingkan proses dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan lebih produktif.

Menerapkan teknologi imersif seperti virtual, metaverse, dan augmented reality bisa jadi menantang dan menarik. Ini memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengarahkan perhatian dan jangkauan pasar terhadap merek Anda. Artikel ini akan membahas keunggulan imersif reality yang dapat ditawarkan berbagai sektor bisnis.

Apa itu teknologi imersif?

Sebelum kita mulai, mari kita pahami istilah “apa sebenarnya teknologi imersif itu?” Ini mengacu pada teknologi yang menggantikan dunia fisik dengan menciptakan ruang virtual 360 derajat bagi pengguna. Di lingkungan ini, pengguna dapat berinteraksi dengan objek, merasakan, dan melihat ke segala arah. Ini bisa dalam bentuk apa pun, dari realitas virtual hingga realitas tertambah. Selain itu, ini adalah istilah yang dapat digunakan dalam perangkat lunak dan perangkat keras untuk membuat dan mengakses pengalaman imersif.

Mengetahui berbagai jenis teknologi imersif akan membantu Anda mengidentifikasi solusi inovatif apa yang paling cocok untuk industri Anda. Ini termasuk VR, AR, realitas campuran, dan video 360 derajat.

Pentingnya mengadopsi realitas imersif –

Di dunia sekarang ini, bisnis memerlukan solusi yang mendukung operasi dan strategi harian mereka untuk membantu mereka mencapai kesuksesan dan tujuan di luar negeri. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa manfaat menggabungkan teknologi imersif dalam bisnis.

Pertama, ini dapat membantu mendorong respons audiens yang lebih baik –

Iklan bisnis tidak lagi menarik perhatian seperti dulu. Hari ini, kita dapat melihat pergeseran teknologi yang signifikan dalam industri. Dari semua layanan, layanan teknologi imersif memainkan peran penting, tetapi bagaimana caranya?

Ini adalah konsep unik di industri ini. Ini memanfaatkan teknologi dan merampingkan ekosistem periklanan yang ada. Iklan AR/VR bisa menyenangkan dan bermanfaat. Ini akan membantu terlibat dan berinteraksi dengan pelanggan. Singkatnya, ini dapat menggantikan iklan tradisional dan merevolusi standar pasar.

Proses pendidikan dan pelatihan yang efektif –

Teknologi imersif dapat menawarkan cara yang lebih menarik dan efektif untuk melatih karyawan. Dengan VR, karyawan dapat mensimulasikan skenario kehidupan nyata dan melatih keterampilan mereka di lingkungan yang aman dan terkendali. Akibatnya, ini dapat menguntungkan industri berisiko tinggi seperti penerbangan atau perawatan kesehatan, di mana kesalahan dapat menimbulkan konsekuensi serius. Misalnya, Walmart telah menggunakan VR untuk melatih karyawan tentang skenario Black Friday guna mempersiapkan mereka menghadapi hari belanja yang sibuk.

Pengembangan produk –

Realitas imersif dapat memberi bisnis cara baru untuk memvisualisasikan dan menguji produk sebelum dibuat. Dengan AR, perusahaan dapat melapisi informasi digital di lingkungan dunia nyata untuk membayangkan bagaimana suatu produk terlihat atau berfungsi di dunia nyata. Selain itu, ini dapat membantu bisnis mengidentifikasi cacat desain atau potensi masalah sebelum mulai berproduksi, sehingga menghemat waktu dan uang. Misalnya, Ford telah menggunakan VR untuk memvisualisasikan desain mobil dan menguji bagaimana tampilan dan fungsinya sebelum membuatnya.

Peningkatan pemasaran dan penjualan –

Teknologi ini dapat memberi bisnis cara baru untuk terlibat dengan pelanggan dan memamerkan produk mereka. Dengan AR, perusahaan dapat membuat demo atau overlay produk interaktif untuk memamerkan produk mereka secara unik dan menarik. Selain itu, ini dapat membantu perusahaan menonjol di pasar yang ramai dan memberi pelanggan pengalaman yang tak terlupakan. Misalnya, IKEA telah menggunakan AR untuk memungkinkan pelanggan memvisualisasikan bagaimana furnitur akan terlihat di rumah mereka sebelum membeli.

Pengalaman pelanggan yang lebih baik –

Dengan bantuan realitas imersif, perusahaan dan organisasi dapat memberikan cara baru untuk menawarkan layanan dan dukungan pelanggan. Selain itu, bisnis akan memberikan panduan waktu nyata untuk menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan.

Studi Kasus dari berbagai industri yang menerapkan solusi imersif untuk produktivitas dan efisiensi –

  • Tafe Arabia telah menyederhanakan proses pelatihannya untuk praktik kerja berisiko melalui aplikasi realitas virtual. Hasilnya, ini telah membantu sumber daya manusianya untuk menangani situasi kehidupan nyata dengan lebih baik, menyediakan lingkungan yang bebas risiko, serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  • Indian Oil Corporation Limited (IOCL) telah menghemat waktu dan upaya yang dihabiskan untuk onboarding melalui pengalaman VR yang imersif dan interaktif. Karyawan baru dan pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar pabrik, proses penyulingan minyak mentah, dan lainnya.
  • UNESCO memberikan solusi cerdas untuk pelatihan disleksia melalui teknologi imersif.

Bisakah imersif reality membantu bisnis mengalahkan persaingan pasar?

Nah, solusi realitas imersif telah menjadi terkemuka di dunia bisnis saat ini. Dengan memberikan pengalaman mendalam, teknologi ini dapat meningkatkan pelatihan dan pendidikan, meningkatkan pengembangan produk, meningkatkan pemasaran dan penjualan, meningkatkan layanan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi. Seiring kemajuan teknologi ini, kita akan melihat cara-cara yang lebih inovatif lagi yang dapat digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan operasi mereka dan tetap terdepan dalam persaingan.