Cara Membuat Roti Tawar Lezat di Rumah

Roti Tawar, Si Enak dan Praktis

Hello Sobat Tanggaberita! Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat roti tawar lezat di rumah. Roti tawar merupakan salah satu jenis roti yang sering kita jumpai di pasaran. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang empuk membuat roti tawar menjadi pilihan favorit banyak orang. Daripada harus membelinya di toko roti, yuk, kita coba membuatnya sendiri di rumah!

Sebelum kita memulai pembuatan roti tawar, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  1. Tepung terigu sebanyak 500 gram
  2. Ragi instan sebanyak 1 sendok makan
  3. Gula pasir sebanyak 2 sendok makan
  4. Garam sebanyak setengah sendok makan
  5. Susu bubuk sebanyak 2 sendok makan
  6. Air hangat sebanyak 250 ml
  7. Telur ayam sebanyak 1 butir
  8. Mentega tawar sebanyak 50 gram

Setelah semua bahan telah siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampurkan ragi instan, gula pasir, garam, susu bubuk, dan air hangat dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.

Kemudian, tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan dan aduk rata menggunakan sendok kayu atau spatula. Uleni adonan dengan tangan hingga kalis dan elastis. Jika adonan terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung terigu. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air hangat.

Setelah adonan kalis dan elastis, tambahkan mentega tawar. Uleni adonan kembali hingga mentega tercampur merata. Setelah itu, tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan cara menekannya menggunakan tangan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran roti yang diinginkan. Bulatkan adonan dan letakkan dalam loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu.

Biarkan adonan dalam loyang selama 30 menit hingga mengembang kembali. Setelah itu, panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius selama 20-25 menit hingga matang dan berwarna keemasan.

Setelah roti tawar matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum diangkat dari loyang. Roti tawar siap disajikan dan dinikmati bersama dengan selai, mentega, atau isian favoritmu.

Jadi, itulah cara mudah dan praktis membuat roti tawar lezat di rumah. Dengan resep ini, kamu bisa menikmati roti tawar yang segar dan enak kapanpun kamu mau. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Selamat Mencoba dan Nikmati Roti Tawar Buatanmu!