5 Alasan Mengapa Lego Duplo Cocok Untuk Anak Balita

Memilih mainan untuk anak pastinya menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting bagi sebagian ibu-ibu dirumah. Pastinya setiap ibu berharap jika mainan yang diberikan pada anaknya tidak hanya bisa menyenangkan tetapi juga bisa memberi edukasi kepada sang anak dengan mainan tersebut.

Saat ini sudah terdapat beberapa jenis mainan yang dapat mengasah kemampuan motorik dan juga sensorik pada anak. Salah satu jenis mainan yang ternyata baik untuk perkembangan anak balita adalah mainan lego karena dianggap bisa melatih kreativitas dan juga kemampuan motorik anak.

Bagi para ibu terkadang mereka masih takut memberikan mainan seperti lego karena part-part mainan tersebut terlalu kecil dan khawatir anak akan memasukannya kedalam mulut terutama yang masih berusian balita. Nah, berarti ibu-ibu dirumah belum pernah mendengar mainan lego yang disebut lego duplo ?

Ya, lego duplo ini merupakan mainan lego yang memiliki desain yang aman untuk anak dibawah 5 tahun, lego duplo ini juga memiliki part-part yang membuat si kecil bebas membuat bentuk sesuai imajinasinya. Kira-kira selain itu apa saja ya yang membuat lego duplo ini layak dipilih untuk menjadi mainan si kecil. Mari kita simak yang berikut ini.

 

1. Ukuran Yang Lebih Besar Dari Lego Biasa

Ukuran lego duplo yang lebih besar dari ukuran lego biasanya membuat anak yang masih belajar untuk menggenggam benda kecil menjadi lebih nyaman, selain itu ukuran yang besar juga membuat lego duplo ini lebih mudah dibongkar pasang. Selain itu ukuran mainan yang besar juga mengurangi resiko anak memasukan mainan kedalam mulut sehingga lebih aman.

 

2. Meningkatkan Perkebangan Kognitif Pada Anak

Lego Duplo ini tidak memiliki buku panduan mutlak harus dibuat seperti apa seperti lego pada umunya, sehingga anak yang memainkan lego duplo ini bisa bebas mengekspresikan yang ada didalam pikirannya kedalam mainan. Anak akan diajarkan untuk mewujudkan gambaran apa yang ada didalam pikirannya melalui permainan lego ini.

3. Mengoptimalkan Motorik Anak

Dengan bermain susun Menyusun lego ini anak diajarkan untuk menyeimbangkan antara kemampuan menggenggam dan kemampuan menyusun mainan satu per satu. Anak akan belajar bagaimana caranya memasang blok satu dengan blok lainnya yang akan melatih koordinasi antara gerakan tangan, otak, dan juga gerakan mata pada anak.

 

4. Membantu Bersosialisasi

Jika anak memainkan lego duplo ini bersama teman-temannya maka anak akan belajar menyatukan antara ide mainan legonya dengan ide mainan lego temannya. Dengan seperti itu maka anak akan belajar berkomunikasi dengan temannya tentang bagaimana gambaran dari gabuangan rangkaian lego yang diinginkan pada akhirnya.

5. Membuat Anak lebih Kreatif

Meskipu lego duplo ini sudah memiliki susunan bentuknya tersendiri tetapi lego duplo ini lebih fleksibel untuk disusun kedalam bentuk-bentuk lain tidak seperti lego biasanya yang harus disusun sesuai buku panduan. Dengan begitu maka anak tetap bisa bebas membuat susunan lego sesuai yang ia bayangkan.

6. Mempelajari Perhitungan

Biasanya anak yang bermain lego akan belajar bagaimana membuat suatu bentuk yang agar bisa berdiri seimbang, untuk itu anak akan belajar menyamakan antara jumlah balok di bagian kanan dan dibagian kiri agar susunan balok tersebut dapat berdiri tegak. Meskipun anak belum bisa berhitung, tetapi anak sudah belajar mengenai keseimbangan dalam membuat suatu bentuk.