Mengulas Tentang Jenis Pelatihan Leadership dari Prasmul-ELI

Prasmul-ELI merupakan lembaga yang memberikan pelatihan yang bisa dimanfaatkan untuk karyawan mengembangkan kemampuannya. Selain itu juga bisa dimanfaatkan bagi perusahaan untuk membuat kinerja karyawan dapat berkembang yang juga akan memberikan manfaat bagi perusahaan. Salah satu pelatihan yang disediakan lembaga ini adalah pelatihan Leadership   .  Terdapat short program yang bisa dipilih yang dapat untuk memberikan inspirasi dan dapat memperkaya perspektif bisnis. Fungsi short program ini dapat untuk membantu peserta memperoleh kemampuan dan juga keterampilan yang fungsional sehingga bisa dimanfaatkan di tempat kerja. Salah satunya adalah pelatihan kepemimpinan yang mempunyai lima jenis pelatihan yang bisa dipilih seperti berikut ini:

1. Self leadership

Jenis ini merupakan pelatihan yang penting karena kepemimpinan yang dipunyai dimulai dari diri sendiri. Sehingga pelatihan ini dapat diharapkan untuk membentuk karakter seorang pemimpin dari dalam diri seseorang. Untuk aspek yang diajarkan dalam self leadership dan membuat diri sendiri mempunyai karakter seorang pemimpin adalah:

  • Self awarness merupakan kemampuan yang dapat untuk mengakui dan juga mengetahui mengenai kekuatan dan kelemahan yang dipunyai diri sendiri. Hal ini juga akan bermanfaat untuk mengelola pekerjaan dan karyawan ketika di tempat kerja.
  • Other awarness merupakan kemampuan untuk mengakui dan juga memahami mengenai kekuatan maupun kelemahan yang dipunyai oleh orang lain.
  • Other management merupakan kemampuan untuk dapat mengembangkan dan juga memberikan motivasi kepada orang lain untuk meningkatkan kemampuannya.

2. First Line Leadership

Pelatihan selanjutnya adalah first line leadership untuk dapat mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang efektif. Kedudukan seorang pemimpin mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan. Di perusahaan sendiri kedudukan pemimpin dapat untuk mengatur tim di garda depan yaitu seorang supervisor. Tugas utama dari supervisor adalah untuk menjalankan keputusan dan juga memberikan saran atau informasi kepada atasan. Fungsi tersebut akan dapat memberikan kemajuan pada perusahaan apabila dilakukan dengan baik. Sebaliknya apabila tidak dilakukan dengan baik maka bisa membuat kantor susah berkembang. Pelatihan supervisor bisa menjadi hal yang penting dengan program pelatihan tiga hari untuk dapat memperkenalkan ketrampilan supervisi.

3. Team Leadership

Short program pelatihan leadership selanjutnya adalah untuk team leadership yang bisa membuat pemimpin yang fleksibel. Pemimpin dalam sebuah tim juga akan membuat kesuksesan karena berhasil untuk membuat kerjasama yang baik antar anggota timnya. Hal tersebut merupakan situasi yang kompleks sehingga perlu untuk mempunyai pemimpin yang dapat memberikan gaya kepemimpinan yang cocok untuk kondisi dan situasi yang dihadapi. Oleh karena itulah penting agar pemimpin lebih fleksibel dan tidak kaku.

4. Organizational Leadership

Short program selanjutnya dari Prasmul-ELI adalah pemimpin organisasi yang mempunyai tugas untuk bersama-sama dengan anggotanya untuk mencapai tujuan yang dipunyai. Pemimpin tingkat madya harus mempunyai pemahaman yang baik mengenai visi dan misi sebuah organisasi. Sehingga nantinya bisa untuk menerjemahkan visi tersebut dan dapat mencapai target yang dipunyai. Pelatihan diadakan selama tiga hari yang diharapkan dapat untuk menjadi pemimpin yang baik untuk organisasinya.

5. Neuro Leadership

Short program terakhir dari pelatihan leadership selama tiga hari yang diadakan oleh Prasmul-ELI adalah neuro leadership. Pelatihan ini merupakan terobosan baru untuk memberikan pengetahuan neuroscience yang akan membuat calon pemimpin untuk mempunyai cara kerja otak yang baik. Di dalam program ini akan mendiskusikan mengenai pemahaman terkait cara kerja otak yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan hingga mengelola organisasi menjadi lebih baik.