Keterampilan apa yang Anda butuhkan sebagai pemilik usaha kecil?

peramban Internet

Jika Anda berpikir untuk menjadi pemilik usaha kecil, atau Anda sudah menjadi pemilik usaha kecil, dan Anda ingin meningkatkan kemampuan Anda, maka Anda harus merenungkan jenis keterampilan yang Anda perlukan untuk berhasil.

Sangat mudah untuk membayangkan bahwa kehidupan sebagai pemilik usaha kecil sebagian besar melibatkan Anda mengelola tim yang terdiri dari orang-orang yang memiliki keterampilan yang bermanfaat bagi bisnis Anda. Ini benar, tetapi ini meniadakan fakta bahwa, sebagai pemilik, Anda akan memerlukan seperangkat keterampilan tertentu untuk memungkinkan perusahaan berfungsi sama sekali.

Ini adalah tantangan yang unik bagi pemilik usaha kecil karena Anda akan memiliki lebih sedikit spesialis di sekitar Anda yang dapat memimpin departemen yang berbeda. Di perusahaan besar, CEO tidak perlu khawatir tentang masalah uang sehari-hari, kampanye pemasaran, atau proses produksi karena ada manajer individu yang mengurus area tersebut.

Padahal, ketika Anda adalah pemilik usaha kecil, setiap pilar perusahaan Anda berada di bawah kendali langsung Anda, memaksa Anda untuk lebih berperan aktif dalam berbagai tugas.

Tugas-tugas ini dapat mencakup pengelolaan keuangan perusahaan Anda – apakah faktur, pembayaran pajak, atau investasi neraca Anda – pengelolaan tim Anda, penetapan target, jaringan, atau pemasaran merek.

Tidak mungkin menguasai semua keterampilan ini sekaligus, dan Anda tidak perlu menguasainya. Anda hanya perlu memiliki pemahaman yang cukup kuat dari mereka untuk membuat mereka terus berdetak dari minggu ke minggu.

Saat bisnis Anda berkembang, Anda diharapkan dapat menyerahkan tugas-tugas ini kepada seorang spesialis, tetapi sementara itu, Anda harus terus mengawasinya secara langsung.

Ini adalah keterampilan yang Anda butuhkan untuk unggul sebagai pemilik usaha kecil:

Anda perlu mengelola keuangan Anda dengan benar

Salah satu keterampilan yang paling diremehkan yang harus dimiliki pemilik usaha kecil adalah pengetahuan yang baik tentang keuangan perusahaan.

Tidak ada yang memiliki pengaruh lebih langsung terhadap keberhasilan atau kegagalan perusahaan Anda selain manajemen keuangan, jadi sangat penting bagi Anda untuk mengembangkan kemampuan Anda untuk memahami bagaimana menjalankannya dengan benar.

Ini bisa berarti mendaftar di kursus khusus untuk mempelajari lebih lanjut tentangnya atau sekadar meningkatkan basis pengetahuan Anda dengan meneliti konsep-konsep seperti depresiasi dalam akuntansi dan bagaimana uang itu sendiri bekerja.

Setelah Anda mengembangkan pendidikan keuangan yang unggul, Anda akan lebih mudah mengelola uang yang tersedia di rekening perusahaan Anda, meningkatkan arus kas Anda, dan berinvestasi di area yang tepat.

Lagi pula, mengelola uang perusahaan bukan hanya tentang menarik keuntungan yang lebih sehat. Ini tentang berinvestasi dalam sumber daya bisnis baru dan memperluas organisasi.

Memiliki pemahaman dasar tentang tugas harian karyawan Anda

Saat Anda menjalankan bisnis kecil, kecil kemungkinan organisasi Anda memiliki departemen yang luas dan tak terhitung jumlahnya, semuanya dijejali para ahli yang menyelesaikan tugas yang hanya sedikit Anda ketahui.

Sebaliknya, Anda cenderung mengenal setiap karyawan berdasarkan nama depan dan bahkan mungkin merekrut mereka sendiri. Namun, hanya karena Anda telah mempekerjakan mereka untuk melakukan pekerjaan yang tidak atau tidak dapat Anda lakukan sendiri tidak berarti Anda harus mengabaikan untuk memahami peran mereka sehari-hari.

Dengan mengembangkan pemahaman Anda tentang setiap area bisnis Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat mengenai kepegawaian, investasi strategis, penetapan target masa depan, dan audit kinerja personel.

Tidak hanya itu, dengan mendedikasikan waktu untuk memahami setiap peran, kemungkinan besar Anda akan membuat setiap karyawan merasa dihargai dan didengarkan, yang sebagai hasilnya akan meningkatkan moral tim.

Belajar menjadi pemimpin yang efektif

Salah satu peran paling penting yang harus dimainkan oleh pemilik usaha kecil adalah sebagai pemimpin. Anda akan menjadi figur kepala merek yang dapat dikenali oleh pelanggan dan staf, yang berarti Anda harus melatih keterampilan kepemimpinan Anda untuk memastikan Anda memenuhi peran tersebut dengan kemampuan terbaik Anda.

Saat mengelola staf Anda, Anda harus mengambil minat aktif dalam peran setiap karyawan, secara teratur berkorespondensi dengan mereka untuk memastikan mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk berhasil.

Ini dapat mencakup apa saja mulai dari pelatihan lebih lanjut hingga alat-alat tertentu atau bahkan dukungan emosional jika mereka merasa diremehkan atau sedang melalui masa-masa sulit dalam kehidupan pribadi mereka. Meskipun bukan peran Anda untuk menjadi teman, bisnis kecil adalah lingkungan yang akrab, dan Anda harus menanamkan rasa kekeluargaan dalam tim Anda.

Memang, kepribadian Anda akan membentuk elemen penting baik dalam suasana internal bisnis Anda maupun merek itu sendiri. Jangan takut untuk menonjol sebagai pemimpin dan membuat kehadiran Anda terasa. Selama Anda adalah pengaruh positif, tim dan pelanggan Anda akan menikmati kepemimpinan Anda.

Kembangkan keterampilan sosial Anda

Kualitas kunci yang sangat diremehkan di antara pebisnis sukses mana pun adalah keterampilan sosial yang efektif.

Anda tidak dapat mencapai puncak bidang Anda tanpa mengkurasi jaringan besar kolega, investor, pelanggan, pemasok, dan sesama pemilik bisnis, yang mengharuskan Anda memiliki keterampilan sosial yang hebat.

Tidak ada yang ingin dikaitkan dengan pemilik bisnis yang kasar, tiba-tiba, atau terlalu membosankan – tidak peduli seberapa mampu Anda dalam peran Anda – jadi pastikan untuk mengerjakan detail penting seperti mode, bahasa tubuh, karisma, dan kemampuan berbicara di depan umum juga sebagai keterampilan mendengarkan.

Ini sangat penting di era pemilik bisnis selebriti. Era media sosial telah membuat merek lebih berpusat pada kepribadian daripada sebelumnya, jadi Anda harus memastikan bahwa bisnis Anda tidak dikecewakan oleh penampilan Anda yang kurang ramah.

Menjadi pemasar ahli

Mengembangkan bisnis kecil yang sukses adalah tentang pemasaran seperti halnya tentang produk atau layanan itu sendiri. Ini karena Anda akan berjuang untuk menyamai pangsa pasar pesaing yang lebih besar, yang berarti satu-satunya harapan Anda adalah memiliki identitas merek yang lebih kuat dan berbeda.

Pada akhirnya, Anda harus membujuk semua orang mulai dari anggota dewan di masa depan hingga pelanggan untuk berinvestasi pada Anda, jadi kembangkan kemampuan Anda untuk memasarkan merek Anda – baik secara pribadi maupun profesional.

Dengan meningkatkan keterampilan manajemen merek Anda, Anda akan merasa lebih mudah untuk membangun ceruk unik Anda sendiri di industri Anda, menarik bakat terbaik untuk bekerja untuk Anda, dan menumbuhkan basis pelanggan yang kuat yang membeli dari Anda lagi dan lagi.