Berbagai Cara Beli Reksadana dengan Mudah

Ada banyak orang yang masih ragu untuk berinvestasi, apalagi dengan maraknya kasus penipuan berkedok investasi belakangan ini. Dimana kebanyakan memang memberikan iming-iming keuntungan besar, padahal yang namanya investasi sendiri besarnya keuntungan tetap terbatas. Selain itu di samping keuntungan masih ada resiko kerugian yang mungkin akan Anda rasakan, untuk itu memang Anda tidak boleh serakah jika seandainya baru ingin mulai berinvestasi. Mulailah berinvestasi pada produk-produk yang aman, seperti diantaranya adalah reksadana, apalagi sekarang ini beli reksadana juga kian mudah.

Jika dulu Anda harus membeli instrumen investasi ini lewat bank partner mereka, maka di zaman sekarang ini tidak lagi, caranya semakin banyak dan juga mudah. Semenjak pandemi yang terjadi, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya ada kian banyak inovasi-inovasi yang ditawarkan untuk mempermudah dalam berinvestasi, seperti diantaranya munculnya aplikasi-aplikasi dari berbagai platform untuk menunjang investasi Anda. Jadi berinvestasi sudah seperti main ponsel atau smartphone saja.

Namun di balik kemudahan tersebut maka Anda juga harus tetap berhati-hati, mengingat memang tidak semuanya menjamin keamanan. Keberadaan aplikasi-aplikasi bodong atau penipu belakangan juga semakin marak. Menjadi seorang investor yang cerdas sangat penting, caranya adalah dengan mempertimbangkan setiap langkah yang akan Anda jalani, sehingga nantinya tidak akan sampai terkena masalah, jikapun rugi maka kerugian yang dialami juga tak akan besar, karena memang setiap produk investasi juga memiliki resiko didalamnya.

Nah untuk yang masih pemula, maka berikut ini diantaranya cara beli reksadana yang mudah untuk dilakukan, yaitu:

  1. Beli lewat bank partner, ini termasuk cara lama yang tetap masih banyak dipilih oleh masyarakat saat ini, karena memang terasa jauh lebih aman, selain itu Anda juga bisa tanya-tanya terlebih dahulu sebelum membeli. Untuk itu harus cari tahu terlebih dahulu perusahaan mana yang Anda jadikan sebagai pilihan, kemudian bank-bank mana sajakah yang sudah menjadi partner mereka dan dapat dituju jika seandainya ingin membeli produk reksadana tersebut.
  2. Lewat marketplace, pastinya bukan hal yang baru lagi bagi Anda jika seandainya ada banyak diantara marketplace yang belakangan ini memang menawarkan kemudahan jika ingin membeli produk reksadana bukan. Sebut saja diantaranya adalah Tokopedia maupun Bukalapak yang punya fitur pembelian reksadana ini, maka tinggal masuk saja kesana dan mengisi data diri di platform tersebut jika ingin membeli, pilihannya sendiri juga banyak dari berbagai perusahaan penyedia reksadana. Tentunya Anda harus berhati-hati di dalam memilih sehingga nantinya tidak akan rugi.
  3. Marketplace khusus untuk reksadana, selain marketplace yang menjual berbagai produk seperti kebutuhan sehari-hari maupun juga untuk makanan sampai dengan item fashion layaknya Tokopedia dan Bukalapak, maka juga tersedia marketplace yang fokusnya adalah untuk menjual instrumen investasi, produk-produk yang dikhususkan untuk berinvestasi, sebut saja diantaranya adalah Bareksa Invesee sampai dengan Kelola. Disana Anda juga dapat membeli reksadana tersebut secara lebih aman. Bahkan lebih banyak pilihannya dibandingkan dengan marketplace biasa, karena fokusnya memang menjual produk investasi. Biasanya Anda akan diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum nantinya bisa membeli.
  4. Sekuritas, cara yang lainnya dan juga paling aman adalah beli langsung lewat sekuritas, apalagi di Indonesia sendiri ada banyak perbankan di Indonesia yang menjadi palangnya atau sekuritas, menjual beragam produk investasi seperti reksadana ini, sebut saja diantaranya adalah Indo Premier Sekuritas, BNI sekuritas, Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas serta masih banyak lagi yang lainnya. Namun memang untuk pembelian lewat sekuritas ini maka Anda yang harus datang ke kantornya secara langsung, lebih terjamin keamanannya.

Informasi lebih lengkap bisa mengunjungi halaman https://syailendracapital.com/faq/bagaimana-cara-memulai-investasi-reksa-dana-dari-nol

Tak perlu khawatir karena investasi reksadana ini memang dapat dimulai dari modal yang kecil. Pastikan juga bahwa Anda juga tidak sampai salah di dalam memilih perusahaan yang menyediakan atau menawarkan produk tersebut.

Harus yang benar-benar terpercaya dan juga aman sudah terdaftar OJK, seperti dari Syailendra, mengingat pengalaman mereka di bidang ini sudah cukup panjang dengan track record terpercaya.