7 Keuntungan Sewa Apartemen untuk Liburan atau Staycation

Liburan selalu identik dengan menginap di hotel untuk tempat singgah dan beristirahat sementara. Fasilitas yang ditawarkan baik di dalam maupun luar kamar menjadi nilai lebih setiap orang yang memilih hotel untuk akomodasi penginapan. Bahkan, kini sudah banyak sekali pilihan hotel yang bisa kamu sewa, mulai dari hotel bujet untuk para backpacker hingga hotel kelas mewah ala bintang lima.

Sekarang, muncul tren baru untuk memilih sewa apartemen sebagai tempat menginap, baik untuk liburan, perjalanan bisnis, atau hanya sekadar staycation. Beberapa tahun lalu, ide ini belum terlalu populer karena banyaknya alasan, paling utama adalah apartemen identik dengan tempat tinggal, bukan tempat menginap. Namun, kini apartemen telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan menjadi pilihan alternatif untuk menginap selain hotel.

Keuntungan Sewa Apartemen untuk Liburan atau Staycation

Ternyata, dibandingkan dengan menginap di hotel, beberapa wisatawan memilih untuk menyewa apartemen sebagai tempat menginap. Bukan tanpa alasan, justru ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, seperti:

1. Ruangan yang Lebih Besar

Hotel punya ukuran kamar standar yang terbilang minimalis. Berbeda jika kamu memang memesan kamar keluarga, tapi tentu saja harganya jauh lebih mahal, ya? Namun, tidak jika kamu memilih menyewa apartemen. Dibandingkan dengan kamar hotel, apartemen punya ukuran ruangan yang jauh lebih besar. Ini pastinya membuat kamu lebih nyaman dan leluasa untuk melakukan banyak hal. Bahkan, ada sekat ruang antara ruang keluarga dan kamar, lho!

2. Kemudahan Akses

Mencari penginapan yang mudah aksesnya tentu jadi pertimbangan utama selain harga dan fasilitasnya. Namun, kalau kamu menyewa apartemen, kamu tak perlu repot memikirkan hal tersebut. Pasalnya, sebagian besar apartemen dibangun pada area yang memang berada di pusat kota. Ini artinya, kemudahan akses transportasi, dekat berbagai sarana dan prasarana hiburan pasti jadi hal yang tidak diragukan.

3. Fasilitas Penunjang yang Lengkap

Seperti halnya hotel, kini pengelola apartemen mulai mempertimbangkan adanya fasilitas tambahan untuk menarik para calon pengunjung. Sekarang, sebagian besar apartemen telah dilengkapi dengan fasilitas standar seperti pusat kebugaran dan kolam renang. Beberapa ada pula yang telah memiliki minimarket.

4. Apartemen Memiliki Dapur Mini

Mencicipi kuliner khas daerah destinasi tujuan memang wajib. Namun, ada kalanya kamu ingin membuat sendiri makanan agar bisa lebih hemat, ya? Apalagi kalau kamu bepergian bersama keluarga, biasanya membawa bekal jadi hal utama. Nah, beruntungnya, beberapa tipe apartemen sekarang sudah ada dapur yang lengkap dengan peralatan memasak sederhana yang bisa kamu manfaatkan. Tidak hanya itu, ada juga pemanas air untuk kamu membuat kopi atau teh.

5. Masa Sewa Lebih Fleksibel

Saat menginap di hotel, kamu dibebankan pembayaran per malam dengan waktu check-in dan check-out teratur. Nah, di apartemen, masa sewanya ternyata lebih fleksibel, bahkan sewa untuk waktu mingguan bisa lebih murah. Waktu masuk dan keluarnya pun bisa kamu atur langsung dengan pemiliknya, jadi tidak lagi harus tergesa-gesa kalau masih ingin bersantai di kamar, bukan?

6. Harga Sewa Lebih Terjangkau

Ukuran ruangannya yang lebih besar seharusnya membuat sewa apartemen menjadi lebih tinggi, ya? Namun, ternyata tidak demikian. Justru, saat kamu memilih menginap di hotel, semakin besar ruangan, harganya akan semakin mahal. Belum lagi dengan kapasitas maksimal ruangan yang diberlakukan oleh pihak hotel atau keharusan menyewa kasur tambahan hingga ekstra ruangan kalau kamu bepergian bersama keluarga besar.

Sementara di apartemen, kamu bisa mendapatkan harga sewa yang lebih terjangkau dengan ukuran kamar yang lebih luas. Kamu tinggal sesuaikan saja tipe ruangannya, jadi tidak harus menyewa kasur tambahan atau ruangan ekstra saat harus bepergian dengan banyak orang. Tidak pula khawatir terpisah kamar untuk bisa saling bertemu, ya? Kamu tetap berada di satu ruang.

7. Survei untuk Investasi

Apakah kamu berencana untuk membeli apartemen sebagai tempat tinggal? Sebelum memutuskan, tidak ada salahnya kamu mencoba tinggal di apartemen dengan menyewanya untuk liburan atau staycation. Jadi, kamu mendapatkan pengalaman yang nyata bagaimana tinggal di apartemen. Apakah lebih nyaman dibandingkan dengan membeli rumah atau sebaliknya. Sambil liburan, kamu bisa mempertimbangkan sebelum membuat keputusan.

Itu tadi beberapa nilai lebih saat memilih apartemen untuk tempat menginap saat liburan atau staycation. Sekarang, banyak sekali pilihan apartemen yang ditawarkan sebagai tempat menginap, salah satunya adalah apartemen Green Pramuka yang ada di kawasan Jakarta Pusat. Pastinya, untuk kamu yang sedang merencanakan perjalanan bisnis ke ibu kota, apartemen tersebut bisa jadi rekomendasi tempat menginap.