Yang Perlu Diketahui Siswa

Rekayasa Perangkat Lunak

Apakah Anda berpikir untuk belajar rekayasa perangkat lunak? Jika Anda memiliki minat dalam teknologi, komputer, dan perangkat lunak, Anda akan menemukan bahwa mempelajari rekayasa perangkat lunak sangat menarik dan langkah pertama menuju karir yang bermanfaat.

Saat ini, perangkat lunak digunakan dalam segala hal, dan ini berarti ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sebagai insinyur perangkat lunak. Seperti yang Anda duga, ini juga merupakan bidang studi yang sangat teknis, dan penting untuk memahami apa yang diperlukan untuk mempelajari rekayasa perangkat lunak.

Posting ini akan melihat beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui jika Anda memutuskan untuk belajar rekayasa perangkat lunak.

Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak?

Pertama, akan sangat membantu untuk melihat apa itu rekayasa perangkat lunak. Pada dasarnya, rekayasa perangkat lunak adalah desain dan pengembangan sistem perangkat lunak menggunakan prinsip-prinsip ilmu komputer dan matematika.

Seperti disebutkan dalam pendahuluan, hari ini, perangkat lunak digunakan dalam segala hal, dan ini berarti bahwa ada banyak pilihan karir yang tersedia dengan kualifikasi dalam rekayasa perangkat lunak.

Penting Untuk Memiliki Keterampilan Teknis yang Kuat

Seperti yang Anda duga, penting untuk memiliki keterampilan teknis yang kuat sebelum mempelajari rekayasa perangkat lunak.

Anda akan belajar dan mempertajam banyak keterampilan selama studi Anda, tetapi Anda juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang matematika, fisika, dan teknik – Anda akan sering kali harus memiliki gelar sarjana di salah satu bidang ini untuk mengambil master rekayasa perangkat lunak .

Oleh karena itu, Anda mungkin perlu mengasah keterampilan ini sebelum melamar suatu program.

Anda Perlu Tahu Bahasa Pemrograman

Berawal dari ini, seringkali merupakan persyaratan bahwa Anda mahir dalam bahasa pemrograman sebelum mempelajari rekayasa perangkat lunak.

Jelas, membangun sistem perangkat lunak akan membutuhkan pengkodean, jadi Anda harus memiliki keterampilan pengkodean yang kuat dalam setidaknya satu bahasa sebelum memulai.

Java, Python, dan C++ adalah opsi yang bagus, dan Anda dapat belajar sendiri secara online jika saat ini Anda tidak tahu cara membuat kode (perlu diingat bahwa akan membutuhkan banyak waktu untuk menjadi mahir).

Kreativitas & Keterampilan Berpikir Kritis Juga Penting

Keterampilan teknis adalah kunci dalam rekayasa perangkat lunak, tetapi juga penting untuk menjadi seseorang yang kreatif dan mampu berpikir kritis.

Ini karena Anda akan memecahkan masalah, jadi akan sangat membantu untuk dapat berpikir di luar kebiasaan dan menemukan cara untuk mengembangkan solusi terbaik untuk setiap proyek.

Meskipun ini adalah keterampilan yang datang secara alami bagi sebagian orang, Anda akan menemukan bahwa adalah mungkin untuk belajar menjadi lebih kreatif serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan ini akan bermanfaat sebelum memulai program rekayasa perangkat lunak.

Keterampilan Interpersonal Itu Penting

Selain itu, keterampilan interpersonal sangat penting dalam rekayasa perangkat lunak. Penting untuk memiliki keterampilan interpersonal yang baik, apa pun bidang pekerjaan yang Anda masuki, dan ini akan selalu membantu Anda untuk maju.

Namun, ini sangat penting dalam rekayasa perangkat lunak. Meskipun Anda akan menghabiskan banyak waktu bekerja sendiri, Anda juga akan bekerja sebagai bagian dari tim dan harus mendengarkan klien dan mempresentasikan pekerjaan Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mengembangkan keterampilan interpersonal Anda selama studi Anda, terutama jika ini adalah bidang yang Anda perjuangkan. Meskipun sulit, Anda harus menemukan peningkatan keterampilan interpersonal Anda untuk membantu di semua bidang kehidupan lainnya juga!

Anda Harus Memiliki Etos Kerja Yang Kuat

Mereka yang mempelajari rekayasa perangkat lunak juga harus memiliki etos kerja yang kuat. Tidak ada habisnya waktu yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara sistem perangkat lunak, terutama dalam hal pengkodean.

Ini berarti Anda harus memiliki etos kerja yang kuat dan mampu mempertahankan fokus dalam waktu lama. Ini juga berarti bahwa penting bagi Anda untuk mengetahui kapan harus beristirahat dan memastikan bahwa Anda menjaga kesehatan Anda.

Anda Dapat Menemukan Program Online

Salah satu manfaat terbesar dari mempelajari rekayasa perangkat lunak adalah Anda dapat menemukan program online yang memungkinkan Anda memperoleh kualifikasi tanpa meninggalkan rumah.

Ini menguntungkan karena Anda tidak perlu pindah atau bepergian ke sekolah setiap hari, yang dapat membebaskan banyak waktu dan tenaga (serta menghemat banyak uang).

Program online juga memungkinkan Anda memilih sekolah di mana pun lokasi Anda, yang berarti Anda dapat menemukan sekolah yang bagus tanpa harus pindah atau bepergian jauh.

Insinyur Perangkat Lunak Sangat Dibutuhkan

Salah satu alasan terbaik untuk mempelajari rekayasa perangkat lunak saat ini adalah karena permintaan akan insinyur perangkat lunak tinggi.

Diperkirakan akan ada pertumbuhan 22% di bidang ini, yang berarti tidak terlalu sulit untuk mencari pekerjaan setelah lulus. Anda juga akan menemukan bahwa rekayasa perangkat lunak dapat menghasilkan karir yang menguntungkan dengan gaji rata-rata $110.140 pada tahun 2021.

Dengan perangkat lunak memainkan peran yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan menemukan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari rekayasa perangkat lunak, dan ini dapat menyiapkan Anda untuk pekerjaan yang dibayar dengan baik, memuaskan, dan menarik.

Anda Perlu Terus Belajar & Meningkatkan

Pertimbangan penting lainnya dengan rekayasa perangkat lunak adalah bahwa ia terus berubah dan berkembang dengan tren dan teknologi baru.

Ini berarti bahwa Anda harus terus belajar dan berkembang sebagai insinyur perangkat lunak, yang berarti bahwa pekerjaan tidak pernah benar-benar berhenti.

Meskipun ini bisa menjadi tantangan, mereka yang memiliki hasrat untuk perangkat lunak harus menganggap ini sebagai salah satu aspek pengembangan perangkat lunak yang paling menarik dan mengasyikkan.

Semoga postingan ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang diharapkan ketika mempelajari rekayasa perangkat lunak.

Rekayasa perangkat lunak adalah bidang yang bagus untuk dipelajari pada tahun 2022 dan seharusnya mempersiapkan Anda untuk karier yang cemerlang, tetapi ini bukan bidang studi yang paling mudah, dan Anda harus bersiap dengan baik. Dengan mengetahui apa yang diharapkan dari Anda pada program rekayasa perangkat lunak, Anda pasti akan berhasil.