Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Mencret dari Diarepedia

Diare atau keluarnya feses cair dan sering buang air besar dalam sehari bisa disebabkan oleh banyak hal. Dengan mengetahui penyebabnya tersebut maka bisa berusaha untuk menghindarinya agar tidak mengalami diare.

Berbagai info mengenai diare tersebut bisa didapatkan dengan mudah di Diarepedia. Tempat ini menyediakan info mengenai penyebab mencret dan macam banyak informasi lainnya mengenai diare. Seseorang sendiri bisa mengalami diare yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, yaitu:

1. Makanan yang mengandung pemanis buatan

Jenis penyebab mengapa bisa mengalami diare karena makanan yang pertama adalah dari makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanan yang mengandung sorbitol dan manitol sangat mudah didapatkan di banyak produk camilan dan juga makanan yang ada di pasaran. Penggunaan pemanis buatan sendiri tentunya sudah sesuai dengan aturan dengan mempunyai takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. Akan tetapi sayangnya jenis pemanis buatan sorbitol dan manitol tersebut memberikan efek pencahar yang bisa diberikan. Sehingga hal tersebut membuat seseorang yang mengonsumsinya dalam jumlah terlalu banyak bisa mengalami diare.

2. Makanan yang mengandung fruktosa

Jenis makanan selanjutnya yang bisa menyebabkan diare adalah yang mempunyai kandungan fruktosa. Sebenarnya kandungan fruktosa merupakan pemanis yang bisa didapatkan dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan madu. Akan tetapi jenis fruktosa tersebut juga bisa didapatkan di pemanis soda, jus kemasan, kue, permen, dan lainnya. Walaupun fruktosa merupakan bahan pemanis yang baik dan tidak memicu diare, akan tetapi bagi yang mempunyai malabsorbsi fruktosa dapat mengalami diare saat mengonsumsi bahan dan makanan yang mengandung fruktosa. Oleh karena itulah pastikan untuk tidak terlalu banyak juga mengonsumsi makanan fruktosa secara berlebihan walaupun manis dari buah-buahan dan madu tersebut tidak berbahaya untuk kesehatan.

3. Makanan pedas

Jenis makanan selanjutnya yang umum dan sudah banyak diketahui dapat memicu mengalami diare adalah makanan pedas. Makanan yang mempunyai rasa pedas tersebut dapat membuat lambung dan usus bermasalah. Lambung bisa mengalami iritasi apabila mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Selain itu, bagi penggemar makanan pedas juga sebaiknya tidak mengonsumsinya secara sering karena bisa membuat usus sulit mencernanya. Hal tersebut bisa menyebabkan perut kembung, mulas, dan juga diare. Sehingga sebaiknya jangan konsumsi makanan pedas secara berlebihan karena bisa menyebabkan diare.

4. Kopi

Selain makanan, Kamu juga perlu waspada dari salah satu minuman yang sering dikonsumsi yaitu kopi. Minuman tersebut mempunyai kandungan kafein yang ada di dalamnya sehingga membuat pergerakan usus lebih cepat. Apabila pergerakannya cepat juga akan membuat konsumsi kopi tersebut tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh saluran pencernaan dan bisa menyebabkan diare. Pastikan untuk minum kopi dengan tidak tergesa-gesa yang bisa menyebabkan diare menjadi lebih mudah karena kurang dicerna saat melewati usus.

Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut bisa diperhatikan dan tidak dikonsumsi berlebihan agar tidak menyebabkan diare. Selain dari makanan, ada juga berbagai kondisi lainnya yang menjadi penyebab mencret di situs Diarepedia yang perlu diketahui.

Penyebab lainnya tersebut karena mempunyai intoleransi laktosa, mengalami infeksi norovirus dan rotavirus, mengalami gangguan hormon seperti saat sedang hamil, kondisi IBS, radang usus, dan mengalami alergi makanan. Mengenai informasi diare lainnya baik dari penyebab lengkapnya, cara mengatasinya, dan cara obat yang tepat untuk mengatasi diare yaitu produk Entrostop bisa dilihat lengkap di Diarepedia.