Cara Mencuci Jaket Parasut Paling Mudah Agar Tahan Lama

Jaket parasut merupakan pilihan jaket yang banyak digunakan oleh orang-orang terutama untuk kategori jenis jaket olahraga ataupun jas hujan. Alasannya karena jaket dari bahan yang mirip material polyester ini tidak mudah basah ketika hujan atau terkena keringat. Namun perlu diketahui bahwa bahan parasut meskipun terlihat ringan namun tidak bisa sembarangan untuk cara perawatannya terutama saat mencuci jaket ini. Bagaimana cara mencuci jaket parasut yang baik dan benar agar produk jaket ini bisa tahan lama?

1. Cuci dengan Tangan

Jaket parasut merupakan bahan yang ringan sehingga untuk proses pencuciannya agar akan lebih baik jika Anda memilih mencuci dengan cara manual alias menggunakan tangan. Mencuci jaket parasut dengan tangan adalah hal terbaik untuk menghindari resiko kerusakan pada jaket.

Untuk mencucinya juga cukup mudah tinggal rendam jaket parasut menggunakan air dan deterjen namun sebaiknya penggunaan deterjen tidak berlebihan agar tidak merusak serat kain. Proses perendamannya tidak perlu waktu lama hanya 15 menit saja yang penting deterjen bisa meresap secara maksimal lalu kucek dengan tangan.

Jika terdapat noda atau bintik jamur maka bisa gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat bagian yang bernoda agar hilang. Untuk proses pembersihan masukkan jaket ke ember air bersih, lalu bilas berkali-kali sampai residu sabun benar-benar hilang.

Sebaiknya jangan memeras jaket untuk mengeringkan hanya perlu gantung dengan hanger lalu letakkan atau jemur di tempat berangin dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Bisa Cuci Dengan Mesin Asal Tahu Caranya

Kemungkinan orang yang tidak terbiasa untuk mencuci dan tidak tahu caranya mencuci dengan menggunakan cara manual maka bisa coba cuci jaket parasut dengan mesin asalkan Anda menggunakan strategi berikut ini. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengucap terlebih dahulu jaket bila ada kotoran yang menempel dengan deterjen dan juga air bersih.

Setelah itu masukkan jaket ke mesin cuci dan gunakan deterjen khusus untuk pakaian waterproof alias anti air. Jika tidak punya deterjen waterproof maka bisa gunakan deterjen cair biasa dan harus pakai air dingin dengan putaran rendah agar serat  kain pada jaket tidak mudah rusak.

Setelah selesai proses pencucian, masukkan ke dalam mesin pengering dan putar dalam mode slow saja.

3. Tips Menyetrika Jaket Parasut

Setelah jaket parasut kering tentu saja Anda harus melakukan perawatan tambahan dengan menyetrika jaket supaya rapi. Biasanya ketika melewati proses pencucian dan juga pengeringan jaket parasut ini lebih mudah kusut dibanding bahan lainnya, apalagi jika Anda menggunakan bahan yang mudah lecek dan kusut.

Jika menggunakan jaket parasut yang licin alias tidak mudah kusut maka anda bisa langsung menyimpan jaket tanpa harus menyetrikanya terlebih dahulu. Namun bagaimana dengan jaket parasut yang mudah lecek dan kusut? Untuk solusinya adalah dengan menyetrika jaket menggunakan suhu terendah karena parasut adalah kain yang tidak tahan terhadap suhu panas.

Untuk tips menyetrika jaket berikutnya adalah gosok bagian dalam jaket parasut, karena tekstur bagian dalam lebih tebal dan lebih tahan terhadap suhu panas. Agar aman saat menyetrika bagian luar jaket maka lapisi bagian luar dengan kain yang tidak terlalu tipis lalu kemudian setrika untuk mencegah agar jaket tidak terpapar suhu panas langsung dan membuatnya bisa rusak.

Untuk jaket parasut dengan bahan yang mudah lecek dan kusut sebaiknya setelah disetrika maka langsung disimpan di lemari dengan digantung menggunakan hanger dan jangan dilipat.

Itu tadi beberapa cara menjadi jaket parasut yang bisa dilakukan supaya jaket dari bahan parasut ini tetap awet dan tahan lama digunakan terutama bagi Anda yang menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Tentu saja jaket bahan parasut juga sering dipakai untuk kebutuhan naik motor atau riding bagi para pria maupun wanita.

Untuk perlengkapan riding maka anda bisa andalkan produk dari brand Eiger yang merupakan brand lokal Indonesia yang cukup populer di kalangan anak muda. Ada banyak koleksi apparel riding Eiger yang bisa dipilih mulai dari koleksi terbaru sampai koleksi favorit. Untuk produknya sudah pasti terjangkau, Anda bisa belanja lebih hemat dengan promo diskon Eiger yang sedang berlangsung saat ini. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi Eigeradventure.com.

 

Baca juga: Simak Fakta Seputar Cagar Alam Depok Taman Hutan Raya Pancoran Mas