Beberapa Tips Dalam Memilih Tukang Kayu

Tukang kayu merupakan sebuah pekerjaan yang masih tergolong sangat langka. Karena pekerjaan ini membutuhkan keterampilan yang mumpuni. Selain itu juga membutuhkan konsistensi yang teguh. Oleh karenanya, tidak semua orang bisa menekuni pekerjaan ini secara konsisten.

Dalam memilih jasa tukang kayu tentu saja kita seringkali menjumpai berbagai macam karakter yang dimiliki oleh tukang kayu. Oleh karenanya, artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa karakter tukang kayu.

1.  Tukang Kayu Banyak Omong

Ada beberapa tukang kayu yang memiliki karakter banyak bicara dan seringkali mengatakan “mudah” tanpa mengukur kapasitas kemampuan yang dimilikinya. Biasanya mereka akan memaksakan diri untuk mengaku bisa karena sedang membutuhkan uang. Yang mana hal ini akan menghasilkan barang yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Jika sudah begini, tentu saja tukang kayu tersebut akan mendapatkan komplain dari para pelanggan. Dalam menanggapi komplain, tukang kayu juga ada yang bertanggung jawab penuh dan ada juga yang tidak mau bertanggung jawab.

Tukang kayu yang tidak bertanggung jawab seringkali akan meminta pelunasan pembayaran dan akan menghilang tanpa mencoba memperbaikinya. Pada tukang kayu jenis ini cenderung “cerdas mengakali pelanggan” bukan “cerdas dalam bekerja dengan penuh tanggung jawab”

Berikut terdapat beberapa tips untuk menyeleksi tukang kayu, diantaranya yakni:

  • Tukang kayu harus memiliki peralatan kerja yang lengkap
  • Sepakati mengenai jam kerja dan kualitas yang Anda inginkan
  • Tanyakan apakah sebelumnya sudah pernah mengerjakan pekerjaan seperti ini, jika sudah pernah Anda harus memeriksa hasilnya
  • Hati-hati dengan tukang kayu yang cenderung menggampangkan pekerjaan
  • Hindari sistem membayar di depan. Sebaiknya Anda menggunakan sistem progress/termin serta kondisikan jika pekerjaan sudah dimulai namun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, maka tukang kayu tersebut akan langsung diganti dan dibayar sesuai progressnya
  • Lihat tim yang dibawa dan bagaimana dia memimpin orang dibawahnya
  • Awasi dengan ketat selama 5-7 hari. Apabila pekerjaannya tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan, lebih baik Anda segera ganti tukang kayu.

2.  Tukang Kayu Setengah Bisa

Pada tukang kayu jenis ini sedikit lebih baik dari yang sebelumnya. Karena mereka sedikit lebih menguasai pekerjaannya, memiliki peralatan yang lengkap, karakter kepemimpinannya juga lebih baik, dan tidak terlalu banyak bicara.

Namun, akan sedikit berbahaya apabila ada kualitas pekerjaannya tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Akan tetapi, di samping itu tukang kayu yang setengah bisa ini tidak terlalu menimbulkan masalah yang besar dan fatal.

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk memilih tukang kayu jenis ini, diantranya yakni:

  • Anda harus memberi pengarahan yang jelas sebelum mulai bekerja. Mulai dari sistem pembayaran dan hasil yang Anda inginkan.
  • Awasi terus pekerjaannya pada setiap progress. Jika terdapat masalah, maka segera minta diperbaiki dan jangan diperbolehkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

3.  Tukang Kayu yang Benar

Pada tukang kayu yang benar sudah tidak usah diragukan lagi. Karena mereka cenderung memiliki beberapa karakter yang khas, diantaranya yakni:

  • Tidak banyak bicara, cenderung langsung ingin melihat spesifikasi pekerjaan
  • Memiliki peralatan yang lengkap
  • Percaya diri dalam menentukan harga/nilai jasanya
  • Dari awal sudah terlihat disiplin dan sungguh-sungguh
  • Akan lebih bagus lagi apabila tukang kayu tidak merokok, karena cenderung lebih efisien dan cepat dari segi waktu

Nah, jadi itu adalah beberapa karakter dan tips dalam memilih tukang kayu. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tukang kayu yang sesuai dengan kriteria, Anda bisa segera mengunjungi situs web sejasa.com.

Di sejasa.com Anda bisa menemukan jasa tukang kayu terdekat dari rumah dengan mudah. Walaupun begitu, jaminan kualitas dari berbagai jasa dari Sejasa tidak perlu diragukan. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi Sejasa.com untuk mendapatkan jasa dengan kualitas terbaik.