Apa itu sertifikat ISACA? Mengapa memilihnya?

sertifikat

ISACA adalah otoritas independen yang mewakili profesional TI dan memberikan sertifikasi, pelatihan, dan sumber daya untuk membantu Anda maju dalam karier dan menonjol dari yang lain. ISACA adalah organisasi nirlaba. ISACA sebelumnya dikenal sebagai Asosiasi Audit dan Kontrol Sistem Informasi; Namun, sekarang disebut hanya dengan akronimnya. Ini didedikasikan untuk membantu anggotanya, pemberi kerja, dan pemegang sertifikasi dalam memaksimalkan nilai sambil meminimalkan risiko yang terkait dengan informasi dan teknologi.

Bisnis yang cerdik memahami nilai mempekerjakan spesialis keamanan informasi berkaliber tertinggi untuk secara efektif mengelola risiko dan biaya yang terkait dengan kejahatan dunia maya. Menjadi disertifikasi oleh ISACA adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melindungi bisnis kontemporer dari bahaya yang semakin meningkat.

Sebuah sertifikat ISACA tidak menyukai vendor tertentu dan disesuaikan dengan peran pekerjaan tertentu. Masing-masing dari empat kredensial yang ditawarkan oleh Isaca berfokus pada komponen penting yang berbeda dari keamanan perusahaan. Komponen-komponen ini termasuk audit sistem, tata kelola, pengendalian risiko, dan manajemen keamanan. Fakta bahwa sertifikasi ini ditujukan secara khusus untuk aspek yang paling diinginkan dari industri keamanan adalah salah satu alasan utama mengapa mereka sangat diminati.

Sertifikat atau sertifikasi ISACA juga digunakan sebagai tolok ukur oleh lembaga pemerintah saat merekrut personel yang akan memiliki akses ke data istimewa. Ini membuka pintu ke berbagai macam posisi sektor publik yang menguntungkan bagi mereka yang memiliki sertifikasi ini. Lebih dari 165.000 orang dari seluruh dunia adalah bagian dari organisasi ini. Anggota ini memegang berbagai posisi, mulai dari auditor sistem informasi hingga profesional dalam tata kelola, keamanan, dan risiko, serta eksekutif C-suite.

ISACA menyediakan berbagai pilihan sertifikasi yang sesuai dengan beragam peran, keahlian, dan tanggung jawab pekerjaan. Berikut ini adalah sertifikasi ISACA yang paling penting:

ISACA memberikan sertifikat ISACA yang diakui dan diterima dalam skala global di bidang audit teknologi informasi, keamanan, tata kelola, dan risiko:

  • Kredensial Certified Data Privacy Solutions Engineer (CDPSE®) memungkinkan Anda untuk menunjukkan keahlian teknis Anda sekaligus memvalidasi pemahaman dan kemampuan Anda untuk menerapkan privasi dengan solusi desain sambil berkolaborasi lintas fungsi dengan departemen hukum, kebijakan, dan departemen terkait lainnya. Segera, Anda akan dapat menerima pelatihan yang diakui secara resmi.
  • Certified Information Systems Auditor® (CISA®) adalah sebutan yang sangat dihormati di seluruh dunia untuk profesional audit, kontrol, dan keamanan IS yang memiliki pengalaman bertahun-tahun. Sejak didirikan pada tahun 1978, lebih dari 130.000 orang telah mendapatkan sertifikasi Certified Information Systems Auditor (CISA).
  • Penunjukan Certified Information Security Manager® (CISM®) adalah sertifikasi perintis bagi para pemimpin yang bertanggung jawab untuk mengelola keamanan informasi organisasi. Sejak didirikan pada tahun 2002, penunjukan Certified Information Security Manager (CISM) telah diperoleh oleh lebih dari 34.000 individu.
  • Bersertifikat dalam Tata Kelola Perusahaan IT®, juga dikenal sebagai CGEIT®, adalah sertifikasi untuk para profesional yang terlibat dalam mengelola, menyediakan layanan konsultasi dan/atau jaminan, dan/atau mendukung tata kelola teknologi informasi perusahaan dengan cara lain. Sejak didirikan pada tahun 2007, lebih dari 7.000 profesional telah berhasil menyelesaikan persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan penunjukan CGEIT.
  • Profesional TI yang telah mengenakan identifikasi risiko, penilaian, dan evaluasi, respons risiko, pemantauan risiko, desain dan implementasi kontrol sistem informasi, dan pemantauan dan pemeliharaan kontrol sistem informasi memenuhi syarat untuk mencoba ujian Certified in Risk and Information Systems ControlTM (CRISCTM) . Sejak dimulainya program pada tahun 2010, lebih dari 20.000 profesional yang bekerja telah mendapatkan sertifikasi.

Menggabungkan pencapaian lulus ujian dengan penghargaan untuk pekerjaan yang dilakukan dalam peran dan pengalaman yang diperoleh dari pengejaran pendidikan.

Keuntungan Memperoleh Sertifikasi ISACA

  • Sertifikasi ISACA secara konsisten menempati peringkat di antara kredensial dengan bayaran tertinggi yang tersedia di industri keamanan.
  • Baik eksekutif maupun analis keamanan garis depan menempatkan tingkat kepercayaan dan rasa hormat yang tinggi di perusahaan ini.
  • Disesuaikan dengan keterampilan dan peran pekerjaan yang saat ini paling diminati di bidang keamanan siber.
  • Menjadi bersertifikat ISACA menunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk mengejar karir di bidang keamanan teknologi informasi.
  • Bergabunglah dengan komunitas profesional keamanan yang berkembang pesat yang memiliki minat yang sama dan menjadi yang terdepan dalam pemikiran Anda.
  • Sertifikasi ISACA membuat Anda memenuhi syarat untuk berbagai posisi yang diinginkan di sektor keamanan pemerintah dan militer.

Aspek Positif bagi Individu

Jika Anda memutuskan untuk menghadiri kursus pelatihan terakreditasi untuk mempersiapkan ujian sertifikasi ISACA Anda, Anda dapat benar-benar yakin bahwa proses dan prosedur yang telah dilakukan oleh penyedia pelatihan untuk pengelolaan dan penyampaian kursus pelatihan telah disetujui secara independen sesuai dengan standar penilaian yang ketat. Ini akan memberi Anda ketenangan pikiran yang nyata karena mengetahui bahwa Anda akan siap menghadapi ujian. Pelatih juga harus disetujui; selama proses ini, mereka dievaluasi pada kemampuan mereka untuk mengajar serta pengetahuan produk mereka mengenai sertifikasi yang mereka ajarkan.

Anda akan menerima pelatihan sesuai dengan kurikulum terbaru karena semua penyedia pelatihan yang telah diberikan akreditasi memiliki akses ke materi pelatihan ISACA resmi.

Profesional TI memiliki kewajiban etis untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi. Mereka juga diharapkan memahami bagaimana perubahan ini berdampak pada perusahaan dan bagaimana menyelaraskan teknologi baru dengan tujuan bisnis dengan cara yang paling efektif untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Sertifikasi yang diberikan oleh ISACA sangat membantu dalam mengikuti perubahan ini dan menunjukkan keahlian Anda dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi.

Ujian untuk ISACA tidak mudah untuk dilewati. Mereka akan mengevaluasi keterampilan Anda dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tata kelola teknologi informasi, manajemen risiko, dan keamanan informasi, dan mereka dapat membantu Anda memposisikan diri Anda untuk kesuksesan profesional.