Apa itu Pusat Operasi Keamanan (SOC)?

Pusat Operasi Keamanan

Lingkungan digital menjadi ruang yang paling rentan bagi bisnis karena banyak proses kerja dialihkan ke sana. Informasi penting yang sebelumnya disimpan di brankas yang terkunci sekarang dapat diakses dengan mudah oleh peretas berpengalaman jika perlindungannya ternyata lebih sederhana daripada bakat mereka. Pusat Operasi Keamanan (SOC) adalah tim profesional yang tidak akan dilewati oleh peretas atau karyawan yang tidak bermoral. Dengan memantau lingkungan digital bisnis Anda 24 jam sehari, SOC merupakan pencegah serangan orang dalam dan pertahanan yang kuat terhadap gangguan luar.

Misi SOC dalam Dunia Interaksi Digital

Pusat operasi keamanan siber memberikan perlindungan komprehensif untuk bisnis dan organisasi lainnya terhadap:

  • Perambahan pada informasi yang dikirim dan disimpan.
  • Intrusi ke ruang digital bisnis untuk mengubah blok informasi tertentu.
  • Serangan siber dilakukan untuk tujuan pemerasan dan alasan lainnya.

Outsourcing Keamanan Bisnis: Dapatkah Anda Melakukannya Tanpa Itu?

Keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas ini membutuhkan:

  • Pendekatan terpadu
  • Perangkat keras dan perangkat lunak terbaru
  • Karyawan berpengalaman yang tidak hanya dapat menyaksikan fakta serangan dunia maya tetapi juga mencegahnya

Kebutuhan akan spesialisasi yang terfokus itulah yang memunculkan ide untuk membuat SOC sebagai layanan. Karena pendekatan profesional menyiratkan bahwa karyawan harus siap menghadapi langkah-langkah penipu dan teroris siber yang paling tidak terduga, mereka harus terus-menerus memperluas pengetahuan mereka di bidang spesialisasi mereka dan belajar cara menggunakan perangkat lunak terbaru, yang selalu mendahului penyerang. Penciptaan SOC yang dialihdayakan memungkinkan untuk menyiapkan kondisi ideal di mana tiga komponen utama menjamin keberhasilan memerangi ancaman dunia maya:

  1. Peralatan terbaru dan paling kuat yang dibutuhkan untuk pemantauan komprehensif.
  2. Perangkat lunak paling canggih yang andal akan melindungi bisnis atau organisasi apa pun.
  3. Karyawan berbakat dan profesional terpelajar yang akan mengatasi tugas apa pun.

Dalam kerangka perusahaan bisnis, pembuatan pusat operasi keamanan TI akan membutuhkan terlalu banyak pengeluaran untuk ketiga komponen: peralatan, perangkat lunak, dan potensi intelektual karyawan. Itulah mengapa penggunaan SOC sebagai layanan adalah solusi ideal untuk bisnis yang rasional, yang sangat menyadari bahwa semakin sukses bisnis tersebut, semakin besar kemungkinan serangan cyber diarahkan padanya.

Fungsi Utama yang Didukung oleh Pusat Operasi Keamanan

Untuk melindungi bisnis apa pun dengan andal, tim SOC menerapkan tiga fungsi utama menggunakan perangkat lunak terbaik:

  1. Memantau lingkungan informasi jaringan bisnis dan mengidentifikasi semua jenis anomali. Hal ini dilakukan dalam kaitannya dengan perilaku pengguna untuk mendeteksi pola atipikal, lalu lintas jaringan untuk mendeteksi ledakan aktivitas, dan titik akhir.
  2. Analisis manual dari anomali yang teridentifikasi untuk menentukan sifatnya dan menemukan solusi terbaik untuk menetralisirnya. Pekerjaan analitis memungkinkan tidak hanya memberikan respons terbaik terhadap ancaman saat ini, tetapi juga mengembangkan serangkaian tindakan yang akan membantu menghindarinya di masa depan.
  3. Tanggapan terhadap ancaman dunia maya melibatkan pemilihan dan penerapan langkah-langkah terbaik untuk menetralisir tindakan penyusup dan mengekspos mereka untuk pekerjaan lebih lanjut oleh lembaga penegak hukum.

Struktur Efektif Pusat Operasi Keamanan

Sistem pertahanan siber akan bekerja dengan sempurna hanya jika semua elemen strukturalnya cocok satu sama lain secara optimal. Misalnya, seorang pengusaha mungkin membeli perangkat lunak yang paling canggih tetapi tidak memiliki karyawan yang dapat menanganinya. Atau, sebaliknya, memiliki staf spesialis TI yang paling berkualifikasi tinggi tetapi ragu untuk membeli peralatan mahal yang diperlukan. Dalam hal ini, struktur penyedia SOC sangat ideal dan mencakup komponen-komponen berikut:

  • Spesialis yang dapat menangani tantangan terberat
  • Alat canggih seperti SIEM, Logging, Packet Analyzer, dan kit Forensik
  • Proses yang memastikan interaksi semua elemen sistem untuk perlindungan terhadap ancaman dunia maya. Mereka tidak hanya mencakup interaksi karyawan yang kompeten dan tepat waktu dengan program dan di antara mereka sendiri, tetapi juga interaksi program satu sama lain. Ini sangat penting dalam situasi di mana banyak perangkat lunak digunakan.

Peran Pekerjaan Umum Pusat Operasi Keamanan

Dengan menghubungi pakar Jerman di bidang keamanan siber DIESEC, perusahaan Anda dapat mengandalkan berbagai layanan SOC untuk perlindungan informasinya. Seluruh tim akan bekerja pada pelaksanaan tugas ini, yang meliputi posisi berikut:

  • Analis: spesialis yang terlibat langsung dalam memantau proses jaringan dan mengidentifikasi anomali serta mengevaluasinya.
  • Insinyur memantau kualitas kerja perangkat keras dan perangkat lunak. Mereka secara teratur memperbarui semua program dan memperkenalkan peralatan baru seperti yang muncul di pasar layanan cyber.
  • Manajer memastikan koordinasi semua proses dan pengembangan strategi keamanan siber untuk setiap klien tertentu. Mereka juga memberikan tanggapan perusahaan terhadap ancaman yang teridentifikasi.
  • Kepala pusat operasi keamanan bertanggung jawab atas koordinasi kompleks pekerjaan semua departemen dan untuk implementasi kualitatif misi pusat. Dia adalah perwakilan dari layanan SOC di dunia bisnis dan membentuk visi strategis untuk tugas-tugas pusat di masa depan dan saat ini.

Otomatisasi kemungkinan proses rutin, ditambah dengan analisis manual jika diperlukan, menjamin jumlah karyawan SOC yang optimal dan distribusi tenaga kerja yang efisien.

Untuk memastikan perlindungan yang andal bagi pelanggannya, DIESEC menerapkan dua tugas wajib secara berkelanjutan:

  1. Berinvestasi dalam pengembangan dan akuisisi teknologi terbaru yang peka terhadap semua tantangan keamanan dunia maya terbaru.
  2. Melatih karyawannya untuk bekerja dengan perangkat lunak ini. Karena pasar siber secara aktif merespons ancaman baru yang muncul, pengembangan profesional permanen karyawan adalah salah satu fitur utama pekerjaan DIESEC.

Saat ini, sebagian besar perusahaan besar memiliki setidaknya satu pusat operasi keamanan yang efektif. Perusahaan terbesar bahkan memiliki beberapa SOC. Namun, perusahaan yang kurang makmur tidak mampu untuk mendukung operasi pusat sumber daya yang intensif. Bagi mereka, SOC yang dialihdayakan adalah pilihan terbaik yang memungkinkan mereka membangun perlindungan pribadi yang andal di sekitar ruang informasi mereka dengan pembayaran kecil untuk SOC sebagai layanan.